Sahabat Tani Bersama Pengusaha dan Pemda Gorontalo Membahas Ekpsor untuk Stabilitas Harga Jagung

Berita Diposting pada 28 May 2024 08:42
...

Gorontalo, – Dalam rangka mempererat hubungan serta membahas berbagai isu terkait jagung, para Pedagang dan Perusahaan Jagung di Gorontalo melakukan kunjungan silaturahim kepada Dr. Ir. Moh. Rudi Salahudin, MEM selaku Penjabat Gubernur Gorontalo yang baru kemarin dilantik di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo pada Selasa pagi tadi (21 Mei 2024).


Silahturahmi para Pengusaha Jagung ini dipimpin langsung oleh Jasin Mohammad, SE.,MPA selaku Direktur PT. Gorontalo Pangan Sejahtera didampingi Muhammad Jamian (PT Seger Agro Nusantara) dan Ferry mewakili PT Subur Mega Perkasa serta Lukman Ananta mewakili PT. Sinar Pangan Abadi.


Sementara dari pihak PJ Gubernur Gorontalo menerima tamunya dengan didampingi oleh Muljady Mario selaku Kepala Dinas Pertanian, bersama Ramdan Pade selaku Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.


Dalam pertemuan tersebut, Jasin Mohammad menyampaikan pentingnya menjaga kestabilan stok jagung untuk memenuhi kebutuhan lokal sebelum melangkah ke Pasar Internasional.


“Silaturahim ini bertujuan untuk mendiskusikan stok dan serapan jagung di Provinsi Gorontalo, serta membahas rencana ekspor jagung ke Filipina,” kata Jasin Mohammad.


Respon PJ Gubernur Dr. Moh. Rudi Salahudin sangat baik dan menyatakan komitmennya untuk mendukung upaya para pedagang dan perusahaan jagung dalam meningkatkan produksi dan kualitas Jagung di Gorontalo.


“Kita harus memastikan bahwa kebutuhan dalam negeri terpenuhi terlebih dahulu sebelum kita Ekspor. Ini adalah langkah strategis untuk menjaga keseimbangan pasar,” ujar Rudi Salahudin.


Muljady Mario, selaku Kepala Dinas Pertanian, menambahkan bahwa koordinasi antara Pemerintah dan para pelaku usaha sangat penting dalam menghadapi tantangan stok dan serapan jagung.


“Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian jagung dan memberikan keuntungan bagi Petani Jagung serta para Pelaku Usaha,” jelas Mario.


Ditempat yang sama Ramdan Pade selaku Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, turut menggarisbawahi pentingnya Diversifikasi Pasar untuk Jagung Gorontalo. 


“Ekspor Jagung ke Filipina bisa menjadi peluang besar, namun kita harus memastikan bahwa semua persyaratan dan standar kualitas internasional terpenuhi,” tegas Ramdan Pade.


Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan strategi konkret dalam pengelolaan Stok Jagung dan mempersiapkan langkah-langkah untuk Ekspor, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan perekonomian Gorontalo.


Para peserta silaturahim sepakat untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif guna mewujudkan tujuan bersama demi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan Petani Jagung Gorontalo kedepan.


sumber : https://intervensi.com/para-pedagang-perusahaan-jagung-silahturahmi-ke-pj-gubernur-gorontalo-membahas-stok-dan-rencana-ekspor-ke-filipina/