Sahabat Tani bersama Agridesa Mengenalkan Penggunaan Drone untuk Mekanisasi Pertanian

Artikel Diposting pada 01 Jul 2024 09:03
...

Tuban (29/6), Sahabat Tani PT. Seger Agro Nusantara (PT. SAN) Berkolaborasi dengan PT. Agridesa Panen Makmur (Agridesa), PT. DJI sebagai produsen alat drone, dan PT. Rojo Manunggal Group RKM (RKM) sebagai penyedia sarana input pertanian, melaksanakan kegiatan pengenalan penggunaan drone sebagai mekanisasi pertanian dalam pengaplikasian pupuk dan pestisida untuk tanaman jagung.


Kegiatan ini dilaksanakan di desa Sugihwaras, Kec. Jenu, berlokasi di lahan jagung bapak AKP Ciput Abidin selaku tokoh masyarakat di daerah tersebut.


Dalam penjelasan di kegiatan ini, drone yang digunakan merupakan tipe DJI AGRAS T-25 yang mempunyai kemampuan semprot pestisida cair seluas 1 hektare dalam sekali terbang 7,5 sampai 10 menit.


Adapun biaya sewa yang ditawarkan DJI dalam pengaplikasiannya sebesar Rp.250.000/ha lahan. Tentunya hal ini menjadi sebuah solusi yang dihadapi petani saat ini terkait kesulitan dan mahalnya tenaga kerja. "Ujar Yeni, Head Operation and Agronomis Agridesa".

Mendukung pernyataan ibu Yeni Agridesa, bapak Ciput Abidin juga menyampaikan bahwa lahan miliknya yang digunakan uji coba dalam pengaplikasian drone diakuinya sangat efektif dan efisien karena meminimalkan ongkos, tenaga, dan waktu pengaplikasiannya. (dym)