Kolaborasi PT. Seger Agro Nusantara, PT. Syngenta Indonesia, PT. Saprotan Utama dan PRISMA Untuk Pengembangan Jagung di Nusa Tenggara Timur

Berita Diposting pada 18 Jun 2024 10:58
...

PT. Seger Agro Nusantara bekerjasama dengan PT. Syngenta Indonesia, PT. Saprotan Utama dan PRISMA untuk melakukan pelatihan budidaya jagung kepada petani dan PPL Kec. Kodi Utara. Kegiatan ini berlangsung di Desa Kori Kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.


Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 3 hari, dimana hari pertama membahas teknis budidaya jagung secara Good Agriculture Practice (GAP), materi hari ke-2 membahas hama-penyakit, pasca panen, skema penjualan jagung dan kualitas jagung yang diterima PT. Seger Agro Nusantara dan hari ke-3 dilakukan penanaman jagung pada lahan demoplot dengan luas 2.500m2 atau 1/4 Ha.


Proses pemanenan demoplot budidaya jagung dilakukan pada akhir bulan Maret 2024. Hasil demoplot jagung mencapai 1,8 ton atau 8,3 ton/Ha dengan kadar air 15%, hasil demoplot ini mendapat tanggapan positif dan memberikan semangat baru bagi petani karena selama ini yield petani hanya 3-4 ton/Ha nya. sehingga apa yang diharapkan dalam pelatihan yang dilakukan menjadi gerakan agar petani melakukan budidaya jagung secara GAP.


Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Partnership PT. Seger Agro Nusantara dengan menggandeng mitra-mitra strategis dalam peningkatan kapasitas petani serta mendekatkan pasar bagi petani yang masih kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya khususnya komoditi jagung. (ram)